Waktu aku masih remaja
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 08 Juni 2009

BUAT STYLE-KEYBOARD-1


BELAJAR MEMBUAT STYLE / COMPOSER / PATTERN KEYBOARD

Ditulis oleh Antoni Pasaribu di/pada 21 Nopember 2008

Membuat style sendiri adalah hal yang paling mengasyikkan dalam bermain keyboard. Mau lagu gimanapun, pasti bisa kita buat sendiri style pengiringnya. Walaupun tidak selalu bisa persis sama dengan lagu aslinya, minimal beat (variasi drum dan bass) bisa mirip dengan lagu yang mau kita bikin stylenya.

Beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum membuat style adalah :
Pastikan keyboard Anda punya fasilitas/fitur style editor. Fitur ini adalah media untuk membangun style sendiri. Untuk memastikannya, silahkan lihat buku petunjuk/manual keboard Anda.
Secara mendasar, style itu terbentuk dari instrument pokok rhytim section, yaitu DRUM dan BASS GUITAR. Jadi, awali perhatian Anda kepada kedua part ini. Untuk part Accomp, Rhytim, dll. Perhatikan belakangan, karena part ini hanya sebagai penambah variasi dan harmoni sebuah pattern.
Akan lebih baik, jika Anda mengerti cara memainkan berbagai alat musik. Hal ini bisa membuat style yang Anda bikin memiliki unsur manusiawi.

Untuk belajar membuat style yang paling efektif adalah MENCONTEK. He..he..he…he….
Untuk pelajaran ini, mencontek di anggap halal. Karena kalau mau di tuliskan teorinya secara mendetil, berarti harus mempelajari terlebih dahulu berbagai teori musik dasar, seperti register bass, piano, gitar,dll. Ilmu harmoni, ilmu arransemen, dll. Jadi, tidak ada salahnya mulai dari mencontek dulu :-) sampai Anda betul-betul menguasai cara membuat style kreasi sendiri.

LANGKAH-LANGKAH MENCONTEK :
Carilah style yang SEDERHANA. Saya lebih menyarankan style seperti Dangdut Standart. Kenapa? Karena style dangdut umumnya terdiri dari 4 part, yaitu Drum, Bass, Piano, dan Rhytim Gitar. Pola tiap partnya, relatif baku dan mudah untuk di contek.
Dengarlah setiap part Drum, Bass Piano dan Rhytim Gitar satu persatu dengan mengaktifkan tombol SOLO atau mem-MUTE track lain.
Ketika mendengar tiap track tersebut, dengarkan dan hapalkan tiap part tersebut secara mendetail.
Setelah Anda rasa bisa untuk mencontek, masuklah ke menu Style editor/composer keyboard Anda.
Mulailah dari track BASS. Hapus hanya track Bass, dan biarkan track lain. Tekan record, dan isilah part bass yang terhapus tersebut persis sama atau mirip-mirip dengan bass yang Anda hapus sebelumnya. Hapus dan ulangi lagi sampai isian bass mirip dengan yang aslinya.
Jika berhasil dengan track bass, lanjutkan dengan track piano dan rhytim gitar. Lakukan seperti langkah nomor 4.
Untuk track DRUM, dengarkan terlebih dahulu, lalu cari not/tuts mana saja yang dimainkan pada track drum tersebut. cari satu persatu. Jika telah ketemu dan merasa bisa untuk mencontek part/track drum tersebut, Hapus dan isilah track drum tersebut semirip mungkin dengan yang anda hapus tadi.

MERAPIKAN STYLE
Untuk merapikan style yang di buat, Anda bisa menggunakan fasilitas QUANTIZE.
Quantize adalah fasilitas untuk menempatkan not sesuai dengan nilai quantize yang di tetapkan.
Untuk style yang umum seperti Dangdut, Anda bisa menggunakan fasilitas Quantize dengan nilai 1/16 (1/4 ketuk) atau dalam not balok (seperti KN dan PSR) not 1/16 adalah not balok dengan dua bendera.
Untuk lebih detil, silahkan baca artikel QUANTIZE.

TIPS
Trik MENCONTEK ini memang salah satu cara yang paling efektif. Karena nanti jika Anda telah menguasai cara membuat style, Anda juga akan sering mencontek pattern dari sebuah lagu, tapi bedanya, Anda tidak bisa memisahkan (SOLO atau MUTE) tiap track sebuah lagu. Dan Anda harus mampu memisahkan setiap track sebuah lagu dari kaset, CD, atau VCD hanya dengan fasilitas MUTE dan SOLO di telinga Anda :-) he..he..he…
Jangan sungkan untuk cara belajar “Mencontek” ini, karena saya sendiri juga dulunya pernah belajar dengan cara ini, dan saya yakin, style creator yang udah jago pun, masih sering bongkar-bongkar style milik orang lain untuk di pelajari dan dikembangkan.
Dan jika Anda sudah jago mencontek style ini, saya yakin, Anda tidak akan betah mencontek, dan akan berusaha dan berkreatifitas untuk MENGEMBANGKAN style yang di contek atau malah membuat style baru yang terinspirasi dari style yang di contek tersebut.
_____________________________________________________________
Jangan pernah bosan dan patah semangat untuk belajar membuat style, walaupun nanti pada awalnya ini akan sangat menjenuhkan. Tapi lihat sisi positifnya, jika Anda tekun mempelajari membuat style ini, sampai kapanpun keyboard Anda tidak akan pernah membosankan. Karena Anda selalu bisa membuat style sesuai selera Anda sendiri. Dan enaknya, Anda tidak perlu lagi membuang waktu dan uang untuk mencari atau membeli style dari orang lain.
_____________________________________________________________

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
TERIMA KASIH
ANTONI PASARIBU
antonipasaribu@gmail.com
www.solfegio.wordpress.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar